Sabtu, 22 November 2014

Posted by Unknown |

Tanggal 20-24 Agustus 2014, Kemendikbud menyelenggarakan Pameran Kadatuan Sriwijaya bertempat di Mal WTC Jambi. Tidak hanya berkisar tentang sriwijaya di pameran ini juga ada stand workshop pembuatan miniatur perahu kayu. Stand ini menjadi media pembelajaran, khususnya siswa SD dan SMP karena berkaitan dengan mata pelajaran pra-karya yang diajarkan disekolah. pengunjung bisa mengetahui dan belajar langsung cara pembuatan miniatur perahu. Workshop ini dibuka 3 session yaitu Session 1 (10:00-12:00), Session 2 (13:00-17:00) dan Session 3 (18:00-21:00)

Mas Yakin - Pelatih pembuatan miniatur (Kaos biru)

Pelatih pembuatan miniatur adalah mas Yakin, Pria asli solo ini adalah lulusan STSI Solo, kemampuan sudah tidak diragukan lagi, sudah berpengalaman mengajarkan pelatihan dibeberapa wilayah indonesia. mempunyai sanggar di solo dan cikarang, yang membantu belajar dan memberdayakan warga sekitar sanggar.

Bahan Untuk Pembuatan Miniatur

untuk ikut pelatihan ini tidak ada syaratnya, semua pengunjung bisa ikut menjadi peserta. yang paling penting tidak dipungut biaya, hehe.. peserta diharap bawa cutter saja. karena tidak disediakan panitia. Semua bahan disediakan panitia penyelenggara. Bahan pembuatan miniatur ini mudah didapat dan berasal dari limbah industri mebel. bagian geladak terbuat dari kayu jati belanda, dibuat dengan mesin dan sudah dibor oleh panitia sebelumnya, sehingga peserta tidak usah membuatnya lagi. bahan lainnya berasal dari kayu panel. bahan bambu digunakan untuk atap perahu. bagian layar bisa menggunakan kain dan kertas biasa dipakai untuk kerah baju. layar bisa juga menggunakan bambu bagian dalam. bambu terlebih dahulu ditipiskan bagian luarnya. tiang2 dan bahan lainnya tinggal ditancapkan ke lubang yang sudah dibor dan diberi lem kayu. untuk benang menggunakan benang sol.

Miniatur yang hampir beres

Masih dalam Proses

Perahu Nelayan Bercadik


Perahu Bercadik
Miniatur Perahu Dewa Ruci
Sebenarnya ga sengaja jadi peserta workshop, lagi jalan-jalan di WTC, mampir ke pameran. pas di stand workshop ditawari ikutan jadi peserta, biaya gratis, bahan disediakan cuma-cuma, dapat ilmunya dan kalau udah jadi bisa dibawa pulang. pas juga momennya lagi libur 4 hari ga tau mau ngapain. langsung disikat aja tawaran menggiurkan ini bleh!! di bawah ini gambar saya waktu ikut pelatihan :





Awal nyoba, bawaan nya takut gagal perahu ga jelas jadinya, kata mas yakin ga apa-apa kalau pertama hasilnya masih kurang, yang penting kan tau cara buatnya dulu. nanti setelah workshop bisa diperdalam lagi.


kesini-sini nya jadi asik. bisa jadi hobi baru. bisa jadi prospek bisnis kalau ditekuni dengan serius. terimakasih Mas yakin dkk.

1 komentar :

  1. http://moyshipminiature.blogspot.co.id/2016/03/menjual-miniature-kapal-gedung-dan.html

    BalasHapus